Penyebab Munculnya Jerawat

https://smkfarmasi.guruindonesia.id/
Penyebab Munculnya Jerawat

smkfarmasi.guruindonesia.id
- Ada beberapa penyebab munculnya jerawat yang jarang kita ketahui. dimulai dari faktor gen dan hormon hingga faktor kebersihan lainnya. Dibawah ini kita akan bahas beberapa faktor penyebab munculnya jerawat.

Pembahasan pertama yaitu dari beberapa penyakit seperti dibawah ini.

Bakteri
Memang beberapa penyakit penyebab munculnya jerawat dari bakteri, dan bakteri penyebab munculnya jerawat ini adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini dapat berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.

Produksi sebum berlebih
Sebum adalah zat yang di produksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.

Hormon
Mungkin kita sudah tau dengan hal yang satu ini dan banyak dijadikan sebagai alasan penyebab munculnya jerawat. Namun, hormon apa yang dimaksud? Hormon tersebut bernama hormon androgen. Hormon androgen yang berlebih dapat menimbulkan jerawat.

Penyumbatan pada folikel rambut
Munculnya jerawat bisa terjadi dikarenakan folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum.

Lihat Juga Artikel Terkait

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu ada beberapa hal lainnya yang menjadi faktor risiko jerawat. Walaupun belum pasti, faktor-faktor ini dapat menyebabkan terjadi munculnya jerawat. Berikut dibawah adalah faktor risiko jerawat.

Masa Pubertas. Pada masa pubertas, aktivitas hormon testoteron akan meningkat. Akibatnya kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit.

Keturunan. Faktor berikut bisa saja terjadi oleh faktor keturunan keluarga yang bermasalah dengan masalah jerawat.

Stres. Ternyata stres bisa jadi pemicu memperburuknya jerawat, walaupun stres tidak menyebabkan munculnya jerawat akan tetapi, stres berpengaruh negatif terhadap jerawat yang sudah ada.

Perubahan hormon. 80% kasus jerawat terjadi pada wanita dikarenakan adanya perubahan pada masa tertentu, seperti pada masa menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan dan akibat PCOS.

Pengunaan kosmetik. Ada beberapa bahan dalam kosmetik yang menjadi faktor timbulnya jerawat, seperti mercury sehingga alat kosmetik bisa menimbulkan rasa ketergantungan. Selain itu, dalam penggunaan kosmetik harus bisa membersihkan bekas kosmetik secara baik dan benar supaya tidak menimbulkan jerawat.

Mungkin hanya itu saja yang dapat penulis berikan seputar penyebab maupun faktor risiko munculnya jerawat. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua, dan penulis berharap kritik maupun saran apabila ada kesalahan kata atau isi dalam artikel.

0 Response to "Penyebab Munculnya Jerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel