Sejarah Perkembangan Farmasi

https://smkfarmasi.guruindonesia.id/
Sejarah Perkembangan Farmasi

smkfarmasi.guruindonesia.id - Farmasi berasal dari bahasa yunani yaitu Pharmacon, yang artinya adalah obat. Farmasi dalam bahasa inggris yaitu Pharmacy. Farmasi merupakan salah satu bidang Ilmu Professional Healthy yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan, ilmu fisika dan ilmu kimia. Dimana bertanggung jawab dalam memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat, penyimpanan obat dan pembuatan obat pastinya. Tidak hanya itu Ruang lingkup Farmasi sangatlah luas termasuk penelitian, penyediaan, pengujian serta pelayanan informasi obat.

Pada saat masa Hipocrates (460 - 370 SM) yang dikenal dengan Bapak Ilmu Kedokteran, belum dikenal adanya profesi Farmasi. Buku tentang obat-obatan ditulis pertama kali di Cina sekitar 2735 SM, kmudian sekitar 400 SM berdirilah sekolah kedokteran di Yunani. Di dunia Arab pada abad VIII, ilmu Farmasi yang dikembangkan oleh ilmuwan dari Arab menyebar luas hingga ke Eropa. Lalu sekitar 1240 M, Raja Jerman Frederick II memerintahkan pemisahan secara resmi antara Farmasi dan Kedokteran dalam dekritnya yang terkenal "Two Silices". Dari sejarah berikut, ada satu hal yang perlu digaris bawahi yaitu akar ilmu Farmasi dan Ilmu Kedokteran adalah sama.

Perkembangan Ilmu Farmasi menyebar hampir ke seluruh dunia. Hingga pertama kali Sekolah Tinggi Farmasi didirikan di Philadelphia, Amerika Serikat, 1821. Yang saat ini sekolah tersebut bernama Philadelphia College of Pharmacy and Science. Setelah itu, mulailah era baru ilmu farmasi dengan didirikan Sekolah Tinggi di berbagai Universitas. 

Berbagai nama organisasi akhirnya bermunculan di dunia Farmasi baik Nasional maupun Internasional. Organisasi profesi pertama kali di Inggris yang didirikan pada tahun 1841 dengan nama "The Pharmaceutical Society of Great Britain". Tidak hanya di Inggris, 11 tahun kemudian Amerika Serikat juga membentuk Organisasi dengan nama "American Pharmaceutical Association". Organisasi Internasional akhirnya terbentuk pada tahun 1910 dengan nama "Federation International Pharmaceutical"

Lihat Juga

Obat Dewa Yang Pertama Kali di Temukan

Sejarah Industri Farmasi dimulai pada tahun 1897, Felix Hoffman menemukan cara menambahkan dua atom ekstra karbon dan lima atom ekstra karbon bersama lima atom ekstra hidrogen ke adlam sari pati kayu willow. Hasil Penemuan tersebut dinamakan Aspirin, dan pada akhirnya setelah penemuan ini mulai lahirnya Perusahaan Industri Farmasi bernama Bayer.

Itu saja yang dapat penulis berikan terkait Sejarah Perkembangan Farmasi. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan penulisan dalam artikel, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Farmasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel