RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil

A. Pengertian Farmakologi

Farmakologi (pharmacology) berasal dari bahasa Yunani, yang diambil dari kata pharmacon (obat) dan logos (ilmu). Definisi dalam farmakologi yaitu sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi obat dengan tubuh untuk menghasilkan efek terapi (therapeutic). 

B. Kompetensi Inti

KI 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Farmasi klinis dan Komunitas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Farmasi klinis dan Komunitas Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Farmakologi

(3.1) Memahami Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia 
3.1.1 Menjelaskan Stuktur Anatomi tubuh manusia 
3.1.2 Menjelaskan Fisiologi tubuh manusia
3.1.3 Menyebutkan Fungsi organ tubuh manusia
3.1.4 Mengidentifikasi Bagian-bagian anatomi 
3.1.5 Mendeskripsikan Hubungan anatomi dengan sisitem tubuh manusia
3.1.6 Mendeskripsikan gambar bentuk anatomi

(4.1) Melakukan Pemeriksaan Anatomi sisiologi tubuh manusia 
4.1.1 Melaksanakan Pemeriksaan 

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Stuktur Anatomi tubuh manusia, Menjelaskan Fisiologi tubuh manusia, Menyebutkan Fungsi organ tubuh manusia, Mengidentifikasi Bagian-bagian anatomi, Mendeskripsikan Hubungan anatomi dengan sisitem tubuh manusia, Mendeskripsikan gambar bentuk anatomi, Serta Mampu Melaksanakan Pemeriksaan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tangung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

E. Materi Pembelajaran

Anatomi Tubuh Manusia

➤ Anatomi tubuh manusia
Anatomi berasal dari bahasa Yunani kuno yakni dari kata ‘ana’ dan ‘tome‘. ‘Ana‘ memiliki arti mengurai, sedangkan ‘tome‘ mengandung arti memotong. Jadi, secara harfiah anatomi (anatome) bisa diartikan membedah. Secara ilmiah, anatomi memiliki definisi ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia.

➤ Fisiologi tubuh manusia
Fisiologi manusia adalah ilmu mekanis, fisik, dan biokimia fungsi manusia yang sehat, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Tingkat utama fokus dari fisiologi adalah pada tingkat organ dan sistem[1]. Sebagian besar aspek fisiologi manusia homolog erat dengan aspek-aspek terkait fisiologi hewan, dan hewan percobaan telah memberikan banyak dari dasar pengetahuan fisiologis. Anatomi dan fisiologi berhubungan erat dengan bidang studi: anatomi, studi tentang bentuk, dan fisiologi, mempelajari fungsi, secara intrinsik terikat dan dipelajari bersama-sama sebagai bagian dari kurikulum medis[

➤ Fungsi organ tubuh manusia
➤ Bagian-bagian anatomi
➤ Hubungan anatomi dengan sistem tubuh manusia
➤ gambar bentuk anatomi

F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris 

H. Sumber Belajar

1. Bahan Ajar Farmakologi XI kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

Berikut adalah RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil

Mudah-mudahan RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil dapat membantu Bapak/ibu dalam membuat Perangkat Pembelajaran atau sebagai referensi dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Penulis mengharapkan kritik dan saran apabila terjadi kesalahan dalam penulisan maupun isi dalam artikel. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk penulis dan sebagai langkah awal untuk bekerja sama dengan Bapak/ibu dunia pendidikan.

0 Response to "RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel