Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang di Ketahui

https://smkfarmasi.guruindonesia.id/
Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan yang Jarang di Ketahui

smkfarmasi.guruindonesia.id
- Puasa berarti harus menahan lapar dan haus, selain itu ada beberapa keyakinan pada tiap agama dalam berpuasa selain menahan lapar dan haus.

Ada beberapa kesalahan dalam niat berpuasa khususnya bagi kalangan wanita karena berpuasa dengan dasar niat untuk merawat tubuh. Walaupun, mengurangi berat badan dan melangsingkan tubuh juga termasuk efek dari berpuasa akan tetapi ada manfaat lain yang lebih besar dari berpuasa.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh beserta penjelasannya yang wajib anda ketahui.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Seperti yang kita ketahui, ketika berpuasa memang tubuh kita terasa lesu karena hanya mendapatkan asupan di saat kita sahur dan harus menahan lapar dan haus hingga sore hari. Akan tetapi, secara tidak sadar tubuh kita melatih sistem imun kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga, tubuh kita akan terasa sehat. Karena mengontrol waktu makan juga berpengaruh pada kesehatan seseorang.

2. Meningkatkan Metabolisme Pada Tubuh


Selain meningkatkan sistem imun, Puasa juga dapat memperbaiki sitem pencernaan pada tubuh kita. Karena, sering kali kita tidak mengontrol waktu makan kita sehingga pencernaan sering bekerja untuk membakar kalori. Hal tersebut dapat merusak sistem pencernaan kita yang suka makan secara berlebih atau tidak mengontrol waktu makan. 

Dengan berpuasa, sistem pencernaan kita dapat beristirahat dengan baik. Sehingga, dapat memberikan energi pada proses metabolisme untuk membakar kalori secara efisien.

3. Menurunkan Berat Badan


Ini adalah tujuan utama dari kalangan wanita ketika berpuasa. Tidak hanya wanita, bahkan dari kalangan pria yang memiliki berat badan berlebih juga berpuasa dengan maksud menurunkan berat badan. 

Sudah sangat jelas ketika kita berpuasa akan mengurangi berat badan kita, akan tetapi harus dilihat dari kuantitas makannya dan aktivitasnya selama berpuasa. Banyak dari kita ketika tidak kuasa menahan lapar dan haus, saat berbuka puasa tidak mengontrol jenis makanan dan banyaknya makanan yang kita makan. 

Padahal, perut kita dalam keadaan kosong dan secara tidak langsung pencernaan kita kembali kita paksa untuk bekerja yang sebenarnya itu dapat merusak sistem pencernaan kita. Coba kalian bayangkan jika kalian baru beristirahat atau bangun dari tidur, kalian dipaksa untuk langsung bekerja seperti mengangkat barang-barang yang berat, pasti kalian kaget kan? begitu juga dengan lambung atau sistem pencernaan kita.

4. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit


Ketika berpuasa, tubuh kita dapat menggunakan lemak sebagai sumber utama, maka proses detoksifikasi juga dapat terjadi. Hal ini terjadi karena racun-racun yang terdapat di dalam lemak akan dikeluarkan dari tubuh bersamaan dengan digunakannya lemak sebagai bahan bakar tubuh. 

Bahkan penggunaan lemak sebagai sumber energi tubuh dapat menurunkan kolesterol sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Baca Juga Artikel Yang Terkait :


Itu saja yang dapat penulis  berikan tentang Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang di Ketahui. Semoga apa yang penulis berikan dapat bermanfaat bagi pembaca sehingga lebih semangat lagi dalam berpuasa dengan niat dan tata cara yang baik dan benar.

Penulis mengharapkan kritik dan saran apabila ada kesalahan dalam penggunaan kata atau kalimat dalam penulisan dan kesalahan informasi dari apa yang tertulis di atas.

0 Response to "Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang di Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel