RPP Kimia Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil

A. Pengertian Kimia

smkfarmasi.guruindonesia.id - Kimia merupakan cabang ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. Selain itu, kimia bisa disebut sebagai ilmu pengetahuan pusat karena menjembatani ilmu-ilmu pengetahuan alam lainnya.

B. Kompetensi Inti

KI 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai dengankeahlian dan lingkup kerja Farmasi Klinis dan Komunitas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Farmasi Klinis dan Komunitas. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. 

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kimia Farmasi

(3.1) Menganalisis Senyawa Turunan Hidrokarbon dan Kegunaannya 
3.1.1 Menjelalskan Senyawa organik
3.1.2 Menjelaskan Senyawa Karbon
3.1.3 Mengidentifikasi Kekhasan Karbon Atom 
3.1.4 Mengidentifikasi Pengelompokan senyawa Hidro karbon 
3.1.5 Mendeskripsikan sifat senyawa Turunan Hidrokarbon
3.1.6 Kegunaan Senyawa Turunan Hidrokarbon
3.1.7 Menentukan tata nama Senyawa

(4.1) Melakukan Identifikasi Senyawa Turunan Hidrokarbon 
4.1.1 Melakukan Identifikasi Senyawa Turunan Hidrokarbon 

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelalskan Senyawa organic, Menjelaskan Senyawa Karbon, Mengidentifikasi Kekhasan Karbon Atom, Mengidentifikasi Kekhasan Karbon Atom, Mengidentifikasi Pengelompokan senyawa Hidro karbon, Mendeskripsikan sifat senyawa Turunan Hidrokarbon, Kegunaan Senyawa Turunan Hidrokarbon, Menentukan tata nama Senyawa, Serta Mampu Melakukan Identifikasi Senyawa Turunan Hidrokarbon dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

E. Materi Pembelajaran

• Senyawa Hidrokarbon

➤ Senyawa Organik
Senyawa organik adalah golongan besar senyawa kimia yang molekulnya mengandung karbon, kecuali karbida, karbonat, dan oksida karbon. Studi mengenai senyawaan organik disebut kimia organik. Banyak di antara senyawaan organik, seperti protein, lemak, dan karbohidrat, merupakan komponen penting dalam biokimi
➤ Senyawa Karbon
Senyawa Karbon merupakan bagian dari senyawa organik yang komponen terbesar penyusunnya terdiri dari unsur-unsur bahan organik antara lain seperti, C; H; O; N; S; P. Contoh : Gula Tebu, Protein, Glukose.
➤ Kekhasan Karbon Atom
➤ Pengelompokan SenyawaHidrokarbon
➤ Senyawa Turunan
➤ Senyawa Turunan Hidrokarbon
➤ Kegunaan senyawa Turunan Hidrokarbon
➤ Tata nama Senyawa

F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris 

H. Sumber Belajar

1. Bahan ajar Kimia Farmasi kelas XI
2. Bahan Ajar yang relevan
3. Film/Gambar 
4. internet 
5. Brosur/liflet
6. Lembar kerja
7. Litelatur lainnya


Mudah-mudahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Farmasi Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dapat membantu Bapak/ibu Guru Indonesia dalam mempermudah menyiapkan Perangkat Pembelajaran dan menjadi bahan referensi untuk pembuatan Perangkat Pembelajaran Kimia Farmasi Kelas XI. Penulis mengharapkan kritik dan saran apabila ada kesalahan kata maupun isi dari artikel.

1 Response to "RPP Kimia Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil"

  1. There is so much in this article that I would never have thought of on my own. Your content gives readers things to think about in an interesting way. Thank you for your clear information. raw chemical materials jakarta

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel