RPP Farmakognosi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil

A. Pengertian Farmakognosi

smkfarmasi.guruindonesia.id - Farmakognosi berasal dari bahasa yunani yaitu pharmakon yang berarti obat dan gnosis yang berarti ilmu atau pengetahuan. Jadi farmakognosi berarti pengetahuan tentang obat, di Indonesia farmakognosi dikhususkan ilmu yang mempelajari tentang obat dari bahan nabati, hewani dan mineral.

B. Kompetensi Inti

KI 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai dengankeahlian dan lingkup kerja Farmasi Klinis dan Komunitas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Farmasi Klinis dan Komunitas. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. 

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Farmakognosi

(3.1) Menganalisis simplisia Flos
3.1.1 Menjelaskan jenis-jenis simplisia Flos
3.1.2 Menjelaskan Definisis simplisia Flos
3.1.3 Mengidentifikasi jenis-jenis simplisia flos 

(4.1) Melakukan identifikasi simplisia Flos 
4.1.1 Melaksanakan identifikasi simplisia Flos
4.1.2 Mendemostrasikan indentifikasi Flos

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan jenis-jenis simplisia Flos, Menjelaskan Definisis simplisia Flos dan Mengidentifikasi jenis-jenis simplisia flos Serta mampu Melaksanakan identifikasi simplisia Flos Dan Mendemostrasikan indentifikasi Flos dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

E. Materi Pembelajaran

⠂Carthami Flos
⠂Caryophylli Flos
⠂Gunnerae Fructus Et Flos
⠂Jasmini Flos
⠂Messuae Flos
⠂Pyrethri Flos
⠂Woodfordiae Flos

F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris 

H. Sumber Belajar

1. Bahan Ajar Farmakognosi kurikulum 2013
2. Bahan Ajar yang relevan
3. Internet 
4. Lembar kerja
5. Litelatur lainnya


RPP Farmakognosi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018

0 Response to "RPP Farmakognosi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel