RPP Dasar-dasar Kefarmasian Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Genap

https://smkfarmasi.guruindonesia.id - Dasar-dasar Kefarmasian merupakan ilmu dasar Farmasi yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum memasuki tahap pembelajaran selanjutnya. Disini kita akan mempelajari apa saja pengertian dan sejarah-sejarah dari farmasi tentunya, dimana semua mengacu pada ketentuan Farmakope Indonesia dan berbagai macam cara pembuatan obat yang baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar-dasar Kefarmasian untuk Kelas X/Sepuluh jenjang SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018.

A. Kompetensi Inti

KI 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-Dasar Kefarmasian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-Dasar Kefarmasian Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Dasar-dasar Kefarmasian

(3.7) Memahami sediaan farmasi 
3.7.1. Menjelaskan sediaan Bentuk padat ( puyer, tablet, kapsul, suppositoria ),
3.7.2. Menjelaskan sediaan bentuk setengah padat ( salep,pasta, krim ) dan
3.7.3. Menjelaska sediaan bentuk cair ( larutan, suspensi, emulsi ).

(4.7) Melakukan pengelompokan sediaan farmasi berdasarkan cara pemakaian obat 
4.7.1 Melakukan pengelompokan sediaan farmasi berdasarkan cara pemakaian obat 

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan sediaan Bentuk padat ( puyer, tablet, kapsul, suppositoria ),Menjelaskan sediaan bentuk setengah padat ( salep,pasta, krim ) danMenjelaska sediaan bentuk cair ( larutan, suspensi, emulsi ).dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran

Sediaan farmasi 
⠂Bentuk padat ( puyer, tablet, kapsul, suppositoria ),
⠂Bentuk setengah padat ( salep,pasta, krim ) dan
⠂Bentuk cair ( larutan, suspensi, emulsi ).

E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris 

G. Sumber Belajar

1. Bahan Ajar Dasar-Dasar Kefarmasian X kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan


RPP Dasar-dasar Kefarmasian Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018

0 Response to "RPP Dasar-dasar Kefarmasian Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Genap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel