Analisis SKL,KI,KD dan Materi Pembelajaran Farmakognosi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2018

smkfarmasi.guruindonesia.id - Farmakognosi berasal dari bahasa yunani yaitu pharmakon yang berarti obat dan gnosis yang berarti ilmu atau pengetahuan. Jadi farmakognosi berarti pengetahuan tentang obat, di Indonesia farmakognosi dikhususkan ilmu yang mempelajari tentang obat dari bahan nabati, hewani dan mineral.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang Analisis SKL,KI,KD dan Materi Pembelajaran Mata Pelajaran Farmakognosi untuk Kelas XI/Sebelas jenjang SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kualifikasi lulusan yang terdiri atas pengetahuan,sikap dan keterampilan yang sesuai dengan standar nasional. Adapun fungsi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) antara lain :

1. SKL Farmakognosi digunakan untuk pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik, dari suatu pendidikan.

2. SKL Farmakognosi yang terdapat pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk memberikan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan supaya bisa hidup lebih mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

3. SKL Farmakognosi untuk jenjang pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

4. Sedangkan SKL Farmakognosi yang tertera di jenjang pendidikan menengah kejuruan ditujukan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan dalam hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Kompetensi Inti yaitu suatu deskripsi yang berkaitan dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang wajib dimiliki dan dipelajari oleh setiap siswa pada suatu tingkat sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar yaitu kemampuan siswa yang harus di capai dalam setiap mata pelajran. kemampuan tersebut meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait mata pelajaran

Materi Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu dikuasai peserta didik dalam memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

Berikut adalah Analisis SKL,KI,KD dan Materi Pembelajaran Farmakognosi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2018


Mudah-mudahan Contoh Analisis SKL,KI,KD dan Materi Pembelajaran Farmakognosi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini dapat membantu Bapak/ibu guru sebagai bahan acuan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Farmakognosi Kelas XI yang sesuai K13 Revisi 2018

Penulis mengarapkan kritik dan saran apabila ada ketidaksesuain atau kesalahan penulisan di dalam isi artikel maupun materi.

0 Response to "Analisis SKL,KI,KD dan Materi Pembelajaran Farmakognosi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel