RPP Pelayanan Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil


Pelayanan Kefarmasian adalah bentuk dan tanggung jawab langsung profesi apoteker dalam pekerjaan kefarmasian untuk meningkatkan kualitas hidup pasien (Menkes RI, 2004).


B. Kompetensi Inti

KI 3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Farmasi klinis dan Komunitas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Farmasi klinis dan Komunitas Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Pelayanan Farmasi 

(3.1) menerapkan sistem manajemen dan organisasi di Apotek
3.1.1 Menjelaskan manajamern keuangan
3.1.2 Menguraikan manajemen pembelian
3.1.3 Mendeskripsikan Manajemen Penjualan
3.1.4 Mengidentifikasi manajemen Persediaan Barang
3.1.5 Mengidentifikasi Manajemen pemasaean 
3.1.6 Memahami manajemen khusus 

(4.1) membuat stuktur organisasi apotek
4.1.1 Membuat Stuktur Organisasi Apotek


D. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan manajamern keuangan, Menguraikan manajemen pembelian, Mendeskripsikan Manajemen Penjualan, Mengidentifikasi manajemen Persediaan Barang, Mengidentifikasi Manajemen pemasaean, Memahami manajemen khusus, serta mampu Membuat Stuktur Organisasi Apotek dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.


E. Materi Pembelajaran

Manajemen Apotek
1. Manajemen keuangan
2. Manajamen Pembelian
3. Manajemen Penjualan
4. Manajemen Persediaan Barang
5. Manajemen Pemasaran 
6. Manajemen Khusus


F. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan


G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris 


H. Sumber Belajar

1. Bahan Ajar Pelayanan Farmasi XI kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

Download Rpp Pelayanan Farmasi Kelas XI 


Di atas adalah Link Download Rpp Pelayanan Farmasi Kelas 11 

Semoga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mapel Pelayanan Farmasi Kelas XI diatas bermanfaat bagi rekan Guru Farmasi se- Indonesia.

Untuk mendapatkan Versi lengkapnya silahkan klik Form Pemesanan di bawah ini

Klik Gambar Untuk Melakukan Pemesanan

0 Response to "RPP Pelayanan Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester Ganjil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel